Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Custom Widget

Sejarah Listrik: Siapakah Penemu Listrik Pertama?

Sejarah Listrik: Siapakah Penemu Listrik Pertama?


Jika kita memikirkannya, kadang-kadang kita melupakan hal-hal kecil yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kita. Taking something for granted is just that. contoh energi listrik yang kita gunakan setiap hari. Kehidupan apa yang pernah Anda coba sebelum ada listrik yang lebih mudah diakses saat ini? Selanjutnya, siapa penemu listrik pertama? Karena 27 Oktober diperingati sebagai Hari Listrik Nasional, mari kita bicara tentang sejarah penemuan listrik!

Perkembangan & Pertama Kali Disadari Listrik: Sebenarnya, sejarah listrik dan siapa yang menemukannya akan sangat panjang. Jadi, meskipun listrik sudah ada "dari sananya"—yang berarti tidak ditemukan—penggunaannya terus dikembangkan untuk membuat hidup manusia lebih mudah. Pada dasarnya, listrik sudah ada di alam sejak lama.

1. Kerajaan Mesir Kuno

Bagaimana awal ceritanya? Menurut beberapa sumber, listrik pertama kali "disadari" dari teks-teks kuno masyarakat Mesir beratus tahun yang lalu. Orang-orang pada masa itu merawat ikan lele listrik (Malapterurus electricus) dari Sungai Nil. Mereka menyadari fakta bahwa ikan tertentu memiliki kemampuan untuk mengalirkan energi tertentu, yang memiliki potensi untuk memberikan efek "tersetrum" pada tubuh. Hingga akhir tahun 1600-an, metode pengobatan ini dikatakan dapat meredakan sakit kepala dan rasa nyeri.

2. Thales dari Miletus yang dikelilingi oleh batu ambar

Selain itu, tulisan Thales of Miletus, seorang filsuf dan ilmuwan Yunani yang hidup di sekitar tahun 600 sebelum Masehi, adalah bagian dari sejarah listrik. Eksperimen Thales tentang menggosokan bulu hewan ke batu ambar menghasilkan aliran energi, yang kita sebut sebagai listrik statis. Dalam bahasa Latin, batu tersebut disebut electrum, sedangkan dalam bahasa Yunani, itu disebut ēlektron.

3. Gilbert serta Brown

Pada tahun 1600-an, fisikawan Inggris William Gilbert melanjutkan eksperimen lainnya. Dia menulis sebuah buku berjudul De Magnete, dan dia adalah ilmuwan pertama yang menggunakan kata "electricus" untuk mendeskripsikan hasil eksperimennya pada gaya listrik, kutub magnet, dan gaya tarik listrik. Selanjutnya, fisikawan Inggris Sir Thomas Brown pertama kali menggunakan kata "electricity" dalam bukunya untuk mendeskripsikan eksperimen Gi.

4. Otto von Guericke dan Charles François du Fay

Seorang ilmuwan Jerman bernama Otto von Guericke melakukan eksperimen yang mengubah sejarah listrik pada tahun 1663. Ia mencoba membuat bola sulfur dengan batang kayu. Charles François du Fay, seorang fisikawan Prancis, melanjutkan penelitian Guericke dan mendefinisikan muatan resinous atau negatif (-) dan vitreous atau positif (+) pada muatan listrik. Eksperimennya ini dikenal sebagai awal generator listrik.

Ilmuwan yang paling banyak diakui sebagai penemu listrik pertama adalah Benjamin Franklin. Namun, pada kenyataannya, banyak ilmuwan yang berkontribusi terhadap perkembangan penggunaan listrik, berdasarkan sejarahnya yang bermula dari zaman kuno Mesir. Franklin melakukan eksperimen dengan menerbangkan layang-layang ketika hujan. Studi ini menunjukkan bahwa listrik memiliki medan khusus dengan muatan tertentu. Medan ini dikenal sebagai muatan proton dan neutron positif dan negatif.

Putranya sendiri membantu Franklin dalam eksperimennya. Eksperimen Franklin menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara petir dan aliran listrik. Dia menggunakan kunci dan botol Leyden untuk menyimpan aliran listrik.

Pengembangan Eksperimen Lainnya: Ilmuwan Italia Alessandro Volta adalah salah satunya. Anda pasti tahu siapa beliau. Baterai pertama ditemukan oleh volta. Selanjutnya, Humphry Davy, penemu bola lampu atau arc lamp pertama pada tahun 1808. Pada tahun 1820, Hans Christian Oersted, AM Ampère, dan DF G Arago mengonfirmasi hubungan antara aliran listrik dan magnet.

Michael Faraday menemukan dinamo pada tahun 1831. Ditemukannya bola lampu pijar, yang dapat menghasilkan cahaya dalam waktu yang cukup lama, membuat penggunaan listrik menjadi lebih maju. Nama ilmuwan ini adalah Thomas Alva Edison.

Jadi, siapa sebenarnya penemu listrik pertama di dunia? Jawabannya agak panjang, ya. Ini karena setiap ilmuwan, melalui penelitian mereka sendiri, saling melengkapi dan berkontribusi pada kenyamanan hidup kita saat ini.

Anda ingin menjadi seperti ilmuwan yang disebutkan di atas? Keberhasilan sebagai ilmuwan yang membantu banyak orang adalah hasil dari rasa ingin tahu dan keinginan untuk terus belajar. Jadi, jangan pernah berhenti belajar, Brainies! Daftar sekarang untuk belajar bersama di Brain Academy!

penemu listrik pertama kali penemu listrik pertama kali islam penemu listrik pertama kali adalah brainly thales penemu listrik sejarah penemuan listrik 10 tokoh penemu listrik siapa penemu listrik statis sejarah penemuan listrik michael faraday Faraday Thomas edison Biografi Lampu Tesla Dinamo

Toko Furniture
Toko Furniture Seseorang yang menyukai dunia maya dengan cara menulis sebagian Informasi seputar teknologi dan lain lain

Posting Komentar untuk "Sejarah Listrik: Siapakah Penemu Listrik Pertama?"